Jurnalistika
Loading...

Hoax Sumbangan 2 Triliun Akidi Tio, Satu Negara Kena Prank

  • Firman Sy

    02 Agt 2021 | 19:19 WIB

    Bagikan:

image

Photo/ Penyerahan Uang Sumbangan 2 Triliun Secara Simbolik

Jurnalistika.id – Nama Akidi Tio mendadak viral usai keluarga besarnya memberikan sumbangan Rp 2 Triliun yang diterima secara simbolik oleh Kapolda Sumatera Selatan dan dihadiri Gubernur Sumatera Selatan untuk penanganan pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, beberapa tokoh Negeri ini juga memberikan pujian atas sikap dermawannya.

Namun siapa sangka, jumlah sumbangan fantastis itu ternyata Hoax yang membuat satu Negara kena Prank.

Anak perempuan Akidi Tio, Heriyanti ditangkap polisi, Ia digelandang ke Mapolda Sumsel pada Senin (2/8/21) setelah uang Rp 2 Triliun yang dijanjikan dipastikan tidak ada.

Tiba sekitar pukul 12.59 WIB, Heriyanti langsung digiring ke ruang Dir Ditkrimum Polda Sumsel dengan pengawalan ketat sejumlah petugas.

Menggunakan batik biru dan celana panjang hitam, Heriyanti berusaha menghindari awak media. Ia terus bergegas sambil menutupi wajahnya menggunakan tangan. Tak ada sepatah kata pun yang keluar dari mulut Heriyanti.

Selain Heriyanti, polisi juga menangkap Prof Dr Hadi Darmawan sebagai Dokter keluarga Akidi Tio yang menjadi perantara saat penyerahan simbolis bantuan tersebut kepada Kapolda Sumsel.

Hardi Darmawan hadir di gedung Ditkrimum Polda Sumsel hanya berselang sepuluh menit setelah kedatangan Heriyanti.

Polisi ingin meminta keterangan mantan Dirut RS RK Charitas tersebut mengenai rencana bantuan Rp 2 triliun yang sempat disampaikan Heriyanti kepada Kapolda Sumsel.

Baca Juga: Ayo Pasang Bendera Merah Putih 1-30 Agustus 2021!

Sebelumnya, keluarga almarhum Akidi Tio, pengusaha sukses asal Kota Langsa memberikan bantuan dana penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 2 triliun. Senin (26/7/2021). 

Bantuan ini diberikan oleh keluarga Akidi Tio melalui dokter keluarga mereka di Palembang, Prof. dr. Hardi Darmawan.

Penyerahan disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra, Kadinkes Dra Lesty Nuraini dan Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI Jauhari Agus.

Akidi tio

Gubernur Sumsel

Prank

Prank Nasional

Sumatera Selatan


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami